Facial Mandiri di Rumah, gampang dan instan !!

Gambar

Sejujurnya nih, saya ini bukan termasuk tipe perempuan yang concern sama perawatan kecantikan. Saya suka tampil ala kadarnya. Tapi semenjak ada pacar, pandangan saya berubah. Kodrat wanita itu cantik. Wanita itu ibarat perhiasan, jadi harus terawat, dijaga, dan berusaha menampilkan diri semenarik mungkin namun tidak berlebihan dan masih menjadi diri sendiri. Bukan untuk merubah diriku, tetapi memberi masukan bagaimana yang sebaiknya.

Nah kebiasaan ini sudah mulai menjadi rutinitas, bukan untuk bersolek, tapi untuk dirawat, yang belum baik diperbaiki, yang sudah baik dipertahankan dan diperindah πŸ™‚

Salah satu cara untuk merawat wajah adalah facial. Facial dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan wajah kita akibat rutinitas harian yang menjadikan wajah kita lelah dan terlihat kusam agar terlihat segar dan cerah kembali. Facial biasanya saya lakukan seminggu sekali.

Disini tips facial mandiri di rumah yang sederhana dan bisa dilakukan sapa aja, murah di ongkos, tanpa perlu repot-repot ke salon kecantikan. Hhe. Maklum anak kos πŸ˜€

Merawat kebersihan dan menjaga kecantikan juga termasuk mensyukuri karunia yang diberikan oleh Allah SWT. Lagian wajah yang bersih dan terawat itu diliatnya lebih enak, sekalian tuh yang blom punya pacar lekas punya pacar, yang udah punya segera dilamar, dan yang udah menikah biar di sayang suami ! Horee !!

PERTAMA – PERSIAPAN ALAT dan BAHAN

(untuk jenis skin care nya disesuaikan dengan jenis kulit dan kebutuhan ya)

  1. Kapas
  2. Milk cleanser dan atau face tonic (aku pakai yang two in one pixy uv whitening no alcohol, lebih baik mengghunakan milk dan cleanser untuk wajah kering)
  3. Handuk atau waslap
  4. Air hangat
  5. Facial foam (aku pakai ponds whitening)
  6. Scrub atau peeling (aku pakai peeling mundisari mustika ratu yang bubuk)
  7. Masker (aku pakai masker bengkoang mustika ratu yang tube)

KEDUA – MEMBERSIHKAN WAJAH

  1. Bersihkan wajah dari segala kotoran, debu, keringat, minyak dll dengan menggunakan milk cleanser dan face tonic (pixy uv whitening no alcohol). Angkat kotoran dengan menggunakan kapas sampai bersih.
  2. Setelah kotoran terangkat, cuci muka menggunakan air bersih dan lebih baik gunakan facial foam yang mengandung scrub sehingga saat proses mencuci muka dapat dilakukan pemijatan perlahan sehingga komedo di sekitar hidung terangkat. Kemudian cuci dengan air hangat sampai bersih.

KETIGA – PENGANGKATAN SEL KULIT MATI (EKSFOLIASI)

  1. Setelah dibersihkan, gunakan handuk bersih untuk mengeringkan muka (jangan terlalu kering, biarkan masih lembab)
  2. Peeling. Karena peeling yang saya gunakan bubuk, jadi harus ditambah dengan air mawar, kemudian selagi wajah masih lembab, oleskan pada muka secara merata, namun hindari daerah mata dan mulut.
  3. Setelah peeling agak kering, lakukan pemijatan dan gosok perlahan sekitar hidung agar sisa-sisa kotoran dan komedo terangkat.
  4. Kemudian bilas dengan air hangat. Setelah bersih, ambil waslap dan kopreskan air hangat pada wajah untuk membantu membuka pori-pori sehingga langkah selanjutnya akan efektif.

KEEMPAT – MASKER

  1. Gunakan masker yang sesuai dengan jenis kulit, sehingga hasilnya efektif. Masker bengkoang mustika ratu berbentuk tube, sehingga penggunaannya praktis. Buka tube, kemudian oleskan secara merata pada wajah dan leher kecuali lingkar mata dan mulut.
  2. Diamkan selama 10 – 20 menit (karna dingin biasanya sampe sejam sampe gag kerasa dinginnya, hhe)
  3. Usahakan tidak banyak bergerak, agar masker tidak rusak sehingga hasil yang didapat juga maksimal.

KELIMA – PEMBERSIHAN

  1. Bersihkan sisa-sisa masker dengan menggunakan air hangat sampai bersih.
  2. Nah, anda akan merasakan sensasi kenyal, lembut, cerah dan segar setelah facial.
  3. Lakukan facial ini secara rutin minimal 2 minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
  4. Biasanya rutinitas ini aku lakukan pada malam hari sebelum tidur, jadi setelah facial ini selesai biasanya langsung aku kasih krim malam (ponds flawless white night cream) dan langsung caw tiduuur πŸ˜€
  5. Untuk jerawat yang nongol, biasanya cuma kecil. saya cocoknya pakai La tullipe acne care gel. Kalo ada jerawat satu muncul (biasanya karena mau menstruasi) kasi ini besoknya langsung kempes πŸ˜€
  6. Oiya, kalo saya lakuin facialnya siang ato sore hari, setelahnya saya kasi ponds white beauty yang tube (bukan flawless, flawless mahal. Hha). Saya cocoknya pakai ini dan gag mau ganti, pernah ganti yang lain tapi malah jerawatan. Huhu.

Gampang dan simple kan? Insya Allah kalau rutin hasilnya bisa bagus lho. Karena facial rutinku itu, mukaku jadi lebih cerah, kenyal, komedo berkurang, minyak sekitar hidung berkurang, jerawat nggak mau muncul. Selamat mencoba ya :D. Nah, untuk postingan selanjutnya insyaAllah aku post apa aja daily make up ku. Sekalian reviewnya tiap produk hhe. Wassalam.

Advertisements

One thought on “Facial Mandiri di Rumah, gampang dan instan !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s