Check Lab 2

Kamis, hari pertama ke rumah sakit cuman ngambil pengantar untuk check up, karena biasanya ada syarat2 tertentu dulu, seperti puasa makan dan cuma diperbolehkan minum air putih. Kebetulan sudah sarapan banyak jadi gag bisa langsung check up. Daripada langsung pulang dan gag dapet apa-apa akhirnya aku daftar ke poli gigi untuk periksa gigi. Gag lama nunggu langsung dipanggil, kondisi gigiku sih bagus gag ada yang lubang, cuma harus kembali satu minggu lagi untuk bersihin karang yang sering bikin gusiku ngilu, dapet obat antibiotik dan obat kumur deh. Habis itu langsung pulang.

Hari jum’atnya aku berangkat sama mama dan kenzie, sampai di rumah sakit langsung ke lab untuk periksa darah dan air pipis. Hhe. Kebetulan ketemu sahabat smp dan sma namanya nurul fatimah, dia sudah lulus D3 dari Unair jurusan kesehatan medis atau apa gitu lupa. Hhe. Aduuuhh temen-temenku udah pada kerja semua. Aku kapan ya?? Oiya, jadi inget di lobby rumah sakit ketemu guru SMA ku juga, beliau wali kelasku di XII-IPA 1 namanya ibu Diana guru Biologi. Beliau masih ingat aku meskipun namaku sudah lupa. Hhe. Trus ketemu kristel juga waktu mau ke lab, dia udah kerja juga, trus kemarinnya ketemu nyak nama aslinya winda astari, dia periksa sama ibunya, waktu sma aku sering ke rumahnya buat main. Wiiihh jadi kangen Smansa nih.. huhu.. back to hasil lab. Ternyata hasil Lab. Baru bisa diambil jam 2, sedangkan sekarang baru jam 9. Pulang dulu aja deh, daripada suntuk nunggu, tapi sebelumnya ajakin kenzie main-main dulu di alum-alun gresik sama cari makan (habis puasa :p). sekitar jam 10an kita pulang. Setengah 2 aku balik ke rumah sakit untuk lihat hasilnya.

Gambar

 

Untuk bisa baca hasil Lab, perlu ke poli umum dulu biar yang baca ibu dokternya, kebetulan yang lagi jaga dokter favoritku dr. dery. Cantik, baik, dan lembut. Hhe. Setelah diperiksa hasilnya normal, cuman lemak jahatnya udah mulai tinggi, jadi harus jaga kesehatan, olahraga yang teratur setidaknya jalan kaki, trus konsumsi karbohidratnya dikurangin bisa diganti dengan gandum atau roti. Trus nilai HbsAB ku sangat tinggi lebih dari 500 yang normalnya 1-12, sedangkan HbsAGku 0,1% dimana normalnya diatas 1% reaktif. (ndak tau maksutnya). “kamu sudah pernah imunisasi hepatitis belum?” *maatiii. “belum dok, kenapa dok?”. Emmmm.. “saya kasih surat rujukan ke spesialis penyakit dalam ya, nanti biar diperiksa sama ahlinya”. Waduuuhh. Sumpah paniknya bukan main, aku sakit apa ya Allaah? Aku kasih tau mama sama kaay. Mama panik, kaay lebih panik lagi !! aku langsung googling tentang penyakit hepatitis terutama hepatitisB, baik penyebab, penularan, gejala, penyembuhan, dan bahayanya. Sumpah ngeriii !!! akhirnya nunggu lagi di poli spesialis penyakit dalam. Kaay pulang kerja langsung nyamperin ke rumah sakit, so sweet kan J. Setelah masuk kamar periksa, dokter buka tirai putih langsung bilang “aduuhh cantiknyaaa.. hhe makasih dok, jadi malu bu dokter juga cantik”. “keluhannya apa sayang?” sambil buka hasil lab’ku. “Lohh, normal semua kog” *reallyyyy??? “ini dok HbsAB ku tinggi jauh dari normal dok, apa saya sakit hepatitis dok?”. “Enggak sayang, HbsAB itu Hepatitis B surface Antibody sedangkan HbsAg itu Hepatitis B surface Antigen. Artinya tubuhmu sudah kebal dari hepatitis B. “Loh, kata mama belum pernah imunisasi dok, apa bisa?”. “bisa, berarti tubuhmu bagus dalam membentuk antibodi, nilainya tinggi karena tubuhmu bereaksi dengan virus hepatitis B dan membentuk antibodi sendiri, malah bagus dong, ini virusnya dibawah 1%, berarti non reaktif, artinya tubuhmuu bebas dari virus hepatitis B, begitu”. *Alhamdulillah……. NEGATIVE !!!! 

Akhirnya cuman dikasih vitamin sama dokternya, alhamdulillah aku sehat !! sehat itu mahal harganya lho. Jadi, selagi kamu masih sehat, jaga kesehatan ya !! Olahraga yang teratur. Sekarang insyaAllah aku lebih menjaga pola makan, sarapan dengan Oatmeal, jalan kaki berangkat ke kampus, makan malam maksimal jam 7, tidur malam maksimal jam 11 dan Alhamdulillah ada partner yang setia ngingetin untuk belajar hidup sehat. Hidup sehat untuk masa depan yang indah 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s